ANDA RESAH TINDAKAN PREMANISME...! SILAHKAN HUBUNGI TIM PEMBURU PREMANISME POLRES TANAH KARO - 08126365686
KAPOLRES TANAH KARO
Kabanjahe:
Menu Navigation
 
username

password



pengisian username lengkap dengan domain misalnya info@polrestanahkaro.com
IP anda adalah:
54.146.195.24

Anda adalah pengunjung:
Hacked By Malaikat Terihems
Home » Artikel
Senin, 27 April 2015

Tips Menghindari Kejahatan

Berbagai cara dan modus baru digunakan pelaku kajahatan untuk melakukan aksinya yang kerap terjadi di jalanan. Salah satunya modus perampokan yang sengaja menabrakan mobil korbanya sebelum melancarkan aksi.

Bagi pengguna kendaraan diharapkan waspada, dan berikut tips serta trik untuk mengetahui aksi dan modus kejahatan jalanan:

1. Jika ada pengguna mobil yang sengaja menabrakkan kendaraaannya ke mobil Anda, kemudian bersedia bertanggung jawab dan mengajak anda ke bengkelnya atau ke ATM untuk mengganti rugi, waspada karena itu adalah modus yang dilakukan pelaku.

Biasanya pelaku akan membawa Anda ketempat yang sepi, dan saat itu kawanan lainnya akan datang. Mereka akan mengancam dengan senjata tajan dan kemudian menguras barang berharga korban. Bahkan para pelaku juga tidak segan membawa kabur mobil korbannya.

Tipsnya, jika terjadi aksi seperti itu, diharapkan Anda tidak mudah percaya. Sebaiknya pergi ke kantor polisi setempat untuk menyelesaikan kecelakaan lalu lintas disana.

"Jangan pernah tergoda untuk menyelesaikan tanpa bantuan polisi," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Chrysnanda Dwi Laksana, Selasa 13 Oktober 2009.

Selain itu, biasanya mereka mengincar korban yang bekendaraan seorang diri, terutama wanita. Komplotan ini biasanya menggunakan mobil sewaan dan beraksi lebih dari tiga orang.

2. Pengendara mobil diminta untuk tidak memperlihatkan barang berharga yang dapat mencolok perhatian pelaku kejahatan.

3. Jika Anda merasa diikuti oleh pengendara yang mencurigakan, segera datangi kantor polisi terdekat atau mencari tempat yang ramai agar pelaku tidak berani beraksi.

Sementara untuk menghindari modus kejahatan tissue basah, sebaiknya ada pilih tempat duduk yang dekat dengan sopir, bila keadaan sudah malam.     

Pilih tempat duduk yang barisannya lebih ramai penumpang dan segera pindah tempat duduk bila anda curiga dengan gerak-gerik penumpang yang berada di sebelah Anda. Juga jangan pernah takut untuk berteriak saat anda menjadi incaran para penjahat.

Sementara itu untuk perampokan penumpang taksi juga perlu diwaspadai. Pelaku biasanya menyewa taksi, dan beraksi di kawasaan perkantoran seperti SCDB, Rasuna Said, Kebon Sirih, Mega kuningan, serta Fatmawati.

Dalam aksinya mereka selalu mengincar penumpang wanita, saat korban sudah masuk ke dalam taksi, dalam perjalanan tiba-tiba sang sopir berhenti dengan alasan ada kendala pada mesin mobil atau yang lainya.

Saat itulah sejumlah pelaku lain yang telah membuntuti dari belakang segera masuk ke dalam taksi. Mereka langsung mengancam korban jika tidak memberikan barang-barang miliknya.

Tips dan triknya, jangan menggunakan taksi yang kurang terkenal atau mencurigakan dan lihat tanda pengenal si sopir, jika identitas yang ada di dalam taksi berbeda dengan pengemudi, sebaiknya anda turun dan mengganti taksi lain.

Modus kejahatan lainnya, yakni ban kempes dan api-api. Biasanya mereka mengincar pengguna mobil dengan berpura-pura memberikan informasi kepada si pengemudi jika ban mobilnya kempes atau keluar api.

Saat korban berhenti dan keluar untuk melakukan pengecekan, pelaku langsung masuk ke dalam mobil dan mengambil barang-barang milik korban.

Tipsnya, jangan mudah percaya dengan informasi seperti itu, sebaiknya Anda hiraukan dan melakukan pengecekan di kantor polisi setempat.

Selain itu, jangan menaruh barang berharga di atas jok mobil, karena pelaku biasanya mengincar ketika melihat banyak barang berharga yang Anda letakkan di atas jok mobil.

Modus lainnya, yakni kompolotan copet yang terorganisir dan biasanya beraksi di atas Mikrolet jurusan Kota, baik yang datang dari Tanah Abang maupun Senen.

Tips dan triknya jika mereka mengajak ngobrol, atau pura-pura menjatuhkan koin serta muntah di samping anda, perlu diwaspadai, saat itu kawanan lainnya akan memepet anda dan mengambil dompet serta telepon milik Anda.

Jika sudah merasakan kecurigaan, sebaiknya turun dan mengganti angkutan umum yang lain. Selain itu, tas sebaiknya dipeluk dibagian depan dan jangan ditaruh disamping karena akan memudahkan pelaku untuk menyilet dan menggasak barang-barang anda.

Terakhir jangan, pernah percaya bila diberikan makanan dan minuman dari orang yang baru kita dikenal, pasalnya modus itu digunakan untuk membius korban.


No Another Artikel


Pejabat Polres & Kapolsek
Bagaimana tanggapan Anda tentang Pelayanan Polres Tanah Karo?
baik
buruk
sangat buruk
sangat baik
 View Vote
Tips Menghindari Kejahatan
Berbagai cara dan modus baru digunakan pelaku kajahatan untuk melakukan aksinya yang kerap terjadi di jalanan. Salah satunya modus perampokan yang sengaja menabrakan mobil korbanya sebelum melancarkan aksi.

[ Selengkapnya ]


Copyright 2015 JPS-Polres Tanah Karo, all rights reserved